Notifications
Translate Page

Penyedia Layanan Website Gratis Untuk Website Statis

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hampir Semua Website-website Yang Ada Di Internet Pasti Menggunakan Bahasa Pemrograman HTML, CSS & JavaScript.

Dan Pastinya Beberapa Website Yang Menggunakan Bahasa Pemrograman Tersebut Menggunakan Hosting Yang Berbayar dan Yang Gratis.

Nah, Pada Konten/Artikel Kali Ini, Kita Akan Membahas Penyedia Layanan Hosting Gratis Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Menyimpan Project Yang Menggunakan Bahasa Pemrograman Diatas Tadi Atau Biasa Disebut Dengan Sebutan Website Statis/Halaman Front-end.

Oke, Tanpa Berlama-lama Lagi Langsung Saja Kita Ke Konten/Artikel Nya.

Penyedia Layanan Hosting Gratis Untuk Website Statis


Netlify Hosting

Netlify adalah platform lengkap untuk mengotomatiskan proyek web modern. Ganti infrastruktur hosting Anda, integrasi berkelanjutan, dan pipeline penerapan dengan satu alur kerja. Integrasikan fungsionalitas dinamis seperti fungsi tanpa server, otentikasi pengguna, dan penanganan formulir saat proyek Anda berkembang.

Netlify adalah CDN sekaligus Alat Continous Deployment untuk Front-end Developer. Hampir sama dengan Heroku untuk mendeploy website ke Netlify kita juga perlu menginstall Netlify CLI di NPM. Untuk fitur hostingnya sendiri juga hampir sama dengan Heroku. Jika kamu tahu Git, Netlify sangat cocok untuk mendeploy website lewat Github, Gitlab atau Bitbucket.


Github Pages

GitHub adalah layanan host web bersama untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem kendali versi Git dan layanan hosting internet. Hal ini banyak digunakan untuk kode komputer. GitHub memilki salah satu fitur andalan yaitu Github pages.

Github pages adalah salah satu fitur Github yang disediakan untuk pengguna github untuk menghosting halaman website personal, website organisasi dan halaman Website project. Semua file yang dapat di sajikan sebagai web/blog adalah halaman statis, website dinamis yang menggunakan script pemrograman sisi server tidak dapat digunakan.

Walaupun begitu Github pages dapat mengenali Script jekyll untuk membuat halaman web statis. Github pages sangat cocok untuk menghosting situs jekyll, tapi tidak untuk generator web statis yang lain. Waupun begitu anda tetap bisa menghosting hasil website statis dari selain Generator Jekyll dengan menggunakan Continous Deployment yang sering di gunakan yaitu Travis-ci.


Gitlab Pages

GitLab adalah sebuah manajer repositori Git berbasis web dengan fitur wiki dan pelacakan masalah, menggunakan lisensi sumber terbuka, dikembangkan oleh GitLab Inc. Perangkat lunak ini ditulis oleh Dmitriy Zaporozhets dan Valery Sizov dari Ukraina. Kode yang ditulis adalah Ruby.

Sama dengan Github pages, Gitlab pages juga disediakan gratis untuk halaman statis personal, organisasi dan project. Perbedaannya Gitlab menggunakan Continous Deploymentnya sendiri yaitu Gitlab CI. Hampir Semua Generator web statis dapat disajikan menggunakan Gitlab CI ke Gitlab Pages.

Kelebihan Gitlab pages dari Github Pages Adalah Bisa menggunakan SSL, tapi dengan pengaturan sendiri. Gitlab Tidak menyediakan Gratis SSL untuk setiap Custom Domain. Kalau kamu Tertarik untuk menggunakan SSL di gitlab pages, maka kamu perlu membuat sertifikat sendiri dan memperbaharui sertifikat sendiri setiap bulan dengan menggantinya. Selain itu Gitlab Menyediakan Privat repo untuk penggunanya tanpa batas.


Heroku Hosting

Heroku adalah platform cloud sebagai layanan yang mendukung beberapa bahasa pemrograman. Salah satu platform cloud pertama, Heroku telah dikembangkan sejak Juni 2007, ketika itu hanya mendukung bahasa pemrograman Ruby, tetapi sekarang mendukung Java, Node.js, Scala, Clojure, Python, PHP, dan Go.

Cloud Computing adalah sebuah model untuk kenyamanan, akses jaringan on-demand untuk menyatukan pengaturan konfigurasi dari sumber daya komputasi seperti, jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan layanan yang dapat dengan cepat ditetapkan dan dirilis dengan usaha manajemen yang minimal atau interaksi dengan penyedia layanannya secara langsung.

Manfaat Heroku adalah dengan layanannya yang menjalankan script aplikasi secara langsung tanpa ada setting-setting ulang.


BitBucket Hosting

Bitbucket adalah sebuah layanan hosting yang berbasis web untuk kode sumber dan pembangunan proyek yang menggunakan Mercurial ataupun sistem kendali versi Git yang dimiliki oleh Atlassian. Bitbucket menawarkan paket akun komersial dan gratis.

Sama halnya dengan Github dan gitlab yang menyediakan hosting konten statis. Bedanya di Bitbucket pages kita tidak dapat membuat custom domain untuk website statis yang kita buat dan tidak ada CI atau generator yang dapat digunakan di gitlab pages.


Penutup


Sekian Dulu Untuk Konten/Artikel Kali Ini, Semoga Bermanfaat Bagi Sobat Ya..
Sekali Lagi Jangan Lupa Untuk Share Ke Sosial Media Sobat Agar Mereka Juga Mendapatkan Manfaat Dari Blog Ini.

Saya Akhiri Dengan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
FERDI ANANDA
Halo, Perkenalkan nama saya Ferdi Ananda, Saya adalah seorang Graphic Designer dan Content Creator. Hubungi saya jika memerlukan sesuatu.
Post a Comment